Tanya Jawab Fengshui
1. Kami baru membeli sebuah ruko. Sekarang ternyata di belakang ruko tersebut akan dibangun jalan besar. Sehingga ada yang bilang ruko kami merupakan ruko 2 muka. Apa maksudnya dan mengapa disebut ruko semacam ini tidak baik secara feng shui?
Doni, Jakarta

maksud dari ruko dua muka adalah apabila ruko tersebut memiliki dua jalan masuk sekaligus, yaitu dari depan dan belakang. Dengan adanya pembangunan jalan besar di belakang ruko Anda, maka ruko Anda tersebut termasuk dalam kategori dua muka. Memang ruko seperti ini tidak baik secara fengshui. Seharusnya ruko Anda hanya mempunyai satu jalan masuk utama saja. namun Anda tidak perlu kuatir, karena untuk mengatasinya, cukup mudah. Anda tinggal menentukan jalan masuk yang mana yang Anda pilih sebagai jalan masuk utama, dan jalan masuk lainnya Anda tutup saja. kalau pun tidak ditutup secara permanent, tidak menjadi masalah, yang penting pada prinsipnya, ruko Anda tetap hanya memiliki satu jalan masuk. Lalu bagaimana cara menentukan posisi terbaik sebagai jalan masuk utama ? Pertama-tama yang harus Anda perhatikan adalah kecocokan arahnya dengan Anda. Kedua, apakah pada arah tersebut relative lebih terjaga kebersihannya dan lebih mendapatkan sinar matahari. Ketiga, jika Anda sulit menentukan arah keberuntungan dan kecocokkan Anda, maka ambil posisi yang netral saja, yaitu posisi yang secara garis besar memberi keberuntungan dalam usaha, seperti Timur atau Selatan.

2. Apakah boleh membangun kamar mandi di atas dapur?
Memei

Membangun kamar mandi di atas dapur adalah tidak dianjurkan dan sebaiknya dihindari. Pada dasarnya, letak kamar mandi yang paling ideal adalah di lantai bawah. Tetapi pada bangunan bertingkat, tentunya sulit kalau hanya memiliki satu kamar mandi saja. oleh karena itu dianjurkan untuk membangun kamar mandi yang sejajar letaknya antara lantai atas dan bawah. Untuk dapur, masih bisa dicari posisi lain yang tidak sejajar dengan kamar mandi.

3. Bagaimana menata agar ruangan tampak lebih luas? Kantor kami berada pada ruko berlantai empat. Ada empat perusahaan di ruko ini. Kelihatannya sempit sekali.
Naomi, Bandung

Memang resiko dari ruko berlantai empat yang ditempati oleh beberapa perusahaan adalah ruangan menjadi berkesan penuh dan sempit. Untuk mengantisipasinya, sebisa mungkin melakukan penataan ruangan dan perabotan secara minimalis. Peralatan dan perlengkapan kantor yang tersedia haruslah yang benar-benar memiliki kegunaan, bukan hanya sebagai hiasan. Kalaupun mau meletakkan aksesori atau hiasan, pilihlah yang sekaligus mempunyai fungsi dalam membantu pekerjaan. Untuk warna, pilihlah warna-warna netral sebagai cat dinding atau warna dominan. Dengan keberadaan warna netral ini, maka akan turut membantu terciptanya kesan bersih, luas dan nyaman. Tetapi tentu saja harus diperhatikan pula unsur kebersihan, karena warna netral di tempat yang kotor / jorok, justru semakin menimbulkan kesan tak nyaman.

4. Kami sedang mempertimbangkan membeli sebuah properti. Tapi tiap kali mau negosiasi dengan yang punya selalu mentok oleh hal-hal yang bersifat emosional. Ada tips bagaimana tempat yang bagus untuk bernegosiasi dan menciptakan suasana yang adem?
Olan, Jakarta

Jika negosiasi Anda selalu mentok oleh hal-hal yang bersifat emosional, kemungkinan antara Anda dengan pihak bersangkutan memang memiliki ketidakcocokkan dalam shio/unsur-unsurnya. Sehingga secara tidak sadar, seolah Anda berdua selalu diliputi aura permusuhan. Untuk mengurangi hal tersebut, pilihan tempat yang nyaman untuk bernegosiasi memang bisa membantu. Tetapi ada baiknya jika Anda meneliti dulu apa yang disukai oleh pihak bersangkutan, misalnya beliau merasa nyaman dengan hawa pegunungan, tertarik dengan makanan enak atau suka mendengarkan musik. Karena sesungguhnya definisi tempat yang nyaman bagi setiap orang berbeda-beda.
3 komentar:

nama saya budi,pengen sukses juga kehidupan yang lbh baik,saran fengshui utk khdpn ku yg lbh baik apa.tri elvina

tlg data-data dirinya, ya.........

Anonim

Sudah sejak 2004 rejeki saya tidak lancar, jatuh-bangun dan sekarang pengangguran. Kebetulan pada tahun 2006 saya membeli ruko 2 muka. Bagaimana mengatasinya?