Tanya Jawab Hoki
1. Saya wanita sudah bercerai dengan suami dan kini tinggal dengan orang tua. Saya ingin berwirausaha. Usaha apa yang cocok dengan saya? Saya alahir 25 Maret 1972. Dulu saya pernah bekerja sebagai sales asuransi.

Nina, Jakarta

Jika dilihat dari data-data kelahiran Anda, maka Anda berada dibawah naungan shio Tikus dengan unsur Tanah. Mengenai usaha yang cocok dengan Anda, sebenarnya Anda lebih tepat berada dalam jalur jasa ketimbang perdagangan atau barang. Sebab karakter Anda lebih cocok untuk sesuatu yang dinamis dan tidak membosankan, serta Anda sendiri memang membutuhkan tantangan-tantangan tertentu dalam pekerjaan. Jika Anda tidak menemukan tantangan-tantangan yang berarti, maka Anda akan merasa bosan dan mengidentikkannya dengan kegagalan. Oleh sebab itu, bidang jasa apa saja adalah lebih cocok bagi Anda.


2. Tanggal lahir saya 7 September 1976. Sudah dua tahun ini saya buka usaha lewat toko yang menjual aneka voucher pulsa, asesoris dan juga pernak-pernik perempuan. Sejauh ini perkembangannya biasa saja. Apakah karena posisi toko saya yang cukup jauh dari jalan besar (meski pun toko saya di pinggir jalan juga, tetapi tidak terlalu besar). Boleh kah saya menanyakan usaha apa yang bagus bagi saya? Kalau saya mencoba membuka usaha toko obat, apakah cocok?

Rudi, Jakarta

Sebenarnya usaha yang Anda jalankan saat ini tidak bertentangan dengan kecocokkan atau hoki Anda. Jadi seharusnya usaha tersebut cukup menghasilkan bagi Anda. Kalau ternyata mengalami kemacetan, mungkin kendalanya ada pada tempat atau letak yang kurang strategis. Mengenai usaha toko obat, saya rasa sebaiknya jangan dulu. Untuk tahun ini dan tahun depan, tidak bagus bagi Anda jika membuka beberapa macam usaha sekaligus. Lebih baik kalau menekuni satu saja asal benar-benar difokuskan.

3.Saya dan istri sekarang masih tinggal di rumah mertua. Saya ingin sekali punya rumah sendiri, tetapi mertua saya mengatakan lebih baik uang yang seharusnya beli rumah ditanamkan pada usaha. Saya lahir 13 September 1980. Apa sebaiknya yang saya lakukan? Saya masih bekerja sebagai part timer di perusahaan IT. Kalau mau usaha, apa yang cocok?
Tony, Surabaya

tahun ini bukanlah saat yang tepat bagi Anda untuk membuka usaha. mengenai pendapat mertua Anda, saya rasa ada benarnya jika memang Anda berniat untuk membuka usaha sendiri nantinya. Kecuali jika Anda berniat untuk tetap bekerja, maka tidak masalah kalau Anda menggunakan uang tabungan untuk membeli rumah. Tentang pekerjaan Anda sekarang, saya rasa sebaiknya Anda tekuni saja dulu. Dalam dua-tiga bulan ke depan, akan muncul peluang kerja yang lebih bagus dan mantap. Dan sebaiknya peluang kerja ini Anda ambil sambil menunggu pertengahan tahun depan, karena baru pada saat itu kesempatan Anda untuk memulai usaha sendiri muncul. Mengenai jenis usahanya, Anda bisa memilih bidang elektronik.

4. Saat ini saya bekerja sebagai supervisor di sebuah bank swasta. Kira-kira kalau saya mau usaha sampingan apa yang cocok? Apakah karier saya ini cocok bagi saya? Saya sudah bekerja lima tahun tapi karier kayaknya mentok. Saya lahir 11 Februari 1981

kalau Anda adalah wanita, maka karier Anda di pekerjaan sekarang seharusnya lebih lancar dibandingkan kalau Anda adalah pria. Sebenarnya, pekerjaan Anda sekarang memang bukan yang paling tepat untuk Anda, tetapi juga bukan sama sekali tidak cocok. Tetapi kalau Anda sudah merasa jenuh, tentunya tidak bisa dipaksakan. Mengenai usaha sampingan, bidang apapun bisa, tetapi tetap baru akan benar-benar sukses kalau Anda telah menfokuskan diri, dalam artian sudah melepaskan diri dari pekerjaan sekarang.

5. Apakah saya cocok untuk berwirausaha franchise? Saya saat ini bekerja di sebuah perusahaan garmen tapi sebentar lagi mau resign. Saya lahir 28 Agustus 1977. Istri saya sangat mendorong pilihan saya.
Olan

Anda cukup cocok untuk berwirausaha franchise, dan saya rasa niat Anda tersebut bisa diteruskan. Tetapi ada baiknya kalau Anda jangan resign dulu pada awalnya, karena tetap membutuhkan waktu sampai usaha ini benar-benar bisa menghasilkan yang terbaik bagi Anda.

6. Saya lahir tanggal 4 Agustus 1981. Yang ingin saya tanyakan adalah, kira-kira bisnis apakah yang cocok dengan saya ? Lalu kapan waktu yang baik bagi saya untuk membuka usaha di tahun ini ? Terima kasih.
Fitri – Cirebon

Pilihan Anda untuk berbisnis cukup luas bidangnya, antara lain elektronik, asesoris, bahan pangan, minuman atau tempat hiburan. Sedangkan untuk waktu yang tepat, pertama-tama yang ingin saya tanyakan adalah, apakah Anda sudah punya pengalaman bekerja pada orang lain ? Sebab keberhasilan Anda dalam berusaha sendiri kelak sangat tergantung kepada pengalaman bekerja Anda. Jika Anda belum punya pengalaman bekerja, maka saya anjurkan agar Anda mencoba bekerja dulu. Tetapi jika Anda sudah cukup memiliki pengalaman bekerja, maka silakan Anda memulai usaha sendiri. Bulan Oktober merupakan saat terbaik bagi Anda untuk mulai.
2 komentar:
Adi

Saya Adi lahir 10 April 1972, ada beberapa pertanyaan :
1. usaha apa yang paling cocok untuk saya, saat ini saya bekerja di suatu bank BUMN.
2. seandainya saya membuka usaha tetapi tidak sesuai dengan shio saya dan di tempat usaha itu saya tempatkan unsur yang berkaitan dengan shio saya, apakah yang akan terjadi dalam usaha yang saya jalankan (sukses/biasa saja/bangkrut)?
demikian pertanyaan saya mohon jawabannya, terima kasih.

Dilihat dari data-data kelahiran Anda, maka Anda berada dibawah naungan shio Tikus. Sebagai seorang shio Tikus, melakukan pekerjaan rutin tanpa adanya suatu tantangan memang bukan merupakan hal yang cocok. Mengenai bidang usaha, boleh dibilang Anda bisa menjalankan usaha apa saja selama bidang usaha tersebut tidak monoton dan memungkinkan untuk adanya perkembangan-perkembangan baru. Sedangkan untuk pertanyaan kedua, sebenarnya ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan usaha, bukan hanya dari segi kecocokkan shio saja. Meskipun shio sudah cocok, namun kalau lokasi yang dipilih tidak bagus, penataan ruangan kurang tepat, dimulai pada saat yang salah, dikerjakan dengan kurang sungguh-sungguh atau sedang berada dalam tahun yang ciong / tidak hoki bagi shio bersangkutan, maka usaha yang dijalankan tetap akan mengalami hambatan. Oleh karena itu dengan menempatkan unsur yang sesuai dengan shio di tempat usaha, memang bisa membantu, tetapi tanpa memperhatikan faktor-faktor lainnya, hasilnya tetap tidak maksimal.