Tanya Jawab Fengshui
Apakah ada aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan sehubungan dengan penempatan lilin sebagai dekorasi ruangan ? Saya dengar, lilin memiliki fungsi tersendiri dalam fengshui. Apakah benar begitu ?
Terima kasih.

Susi – Jawa Barat

Fungsi lilin dalam fengshui adalah sebagai salah satu unsur Api, selain perapian atau unsur-unsur Api lainnya. Dengan demikian, tentunya memang harus diperhatikan penempatannya. Terutama adalah perlu untuk diteliti lebih lanjut apakah memang dibutuhkan adanya penambahan unsur Api. Kalau penambahan unsur Api tidak dibutuhkan lagi karena sudah ada pengganti unsur Api lainnya, maka sebaiknya tidak usah meletakkan lilin. Unsur Api memang baik sebagai pemberi semangat dan untuk mengembalikan vitalitas, serta bisa meringankan beberapa macam penyakit. Namun kalau terlalu banyak tentunya tidak bagus. Sebab pemikiran dalam fengshui yang utama adalah keseimbangan, sehingga hal-hal yang seharusnya baik pun, jika terlalu berlebihan, tetap akan berakibat buruk pada akhirnya. Selain itu, yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam lilin adalah pilihan warnanya. Sebenarnya tidak ada warna yang buruk atau bagus, yang terpenting adalah warna yang sesuai dengan kebutuhan kita atau bisa juga memilih warna kesukaan kita. Selain warna, yang perlu diperhatikan pula adalah bahan dari lilin tersebut. Pilihlah selalu lilin yang bahannya aman dan tidak mengandung racun.
Salam Bu Elvina, nama saya Theresia Wahyu Cahyaningtyas tanggal lahir 17 Mei 1980, suami Yulius Agus Supriyanto tanggal lahir 1 Juni 1974, dan memiliki seorang anak perempuan lahir tanggal 6 Oktober 2006, saya memiliki usaha berjualan kacang mete yang sudah berjalan kurang lebih 2 tahun, dan sejauh ini hasilnya cukup memuaskan. tapi saya berencana ingin membuka usaha rumah makan, karena saya suka sekali memasak dan keinginan saya ini begitu kuat dan sangat optimis bahwa usaha saya nanti pasti berhasil,dengan tetap menjalankan usaha saya yang sekarang. Saya berencana untuk membuka rumah makan yang menjual masakan2 jawa tengah seperti timlo solo, sop, sayur asem dan masakan2 lain yang berkuah.
Saya juga sudah memiliki gambaran lokasi mana yang akan saya pilih, yaitu di pinggir jalan besar supaya gampang dilihat semua orang yang lewat, bangunan dan pintu masuk menghadap ke barat, hanya saja yang membuat saya ragu, di seberang jalan tepat di depan lokasi tersebut ada sebuah makam yang cukup luas, apakah adanya makam tersebut dalam fengsui bisa mempengaruhi usaha saya nanti. Saya berencana untuk pinjam ke bank untuk modal membuka rumah makan, karena saya berfikir panghasilan saya dari usaha kacang mete cukup untuk membayar pinjaman ke bank, dan saya bermaksud merealisasikan rencana saya tahun depan. Bagaimana menurut Bu Elvina mengenai rencana saya tersebut, jika memang cocok apa saja yang harus saya perhatikan, mengenai letak kompor, meja kasir dan lain2. Terima kasih atas jawaban Bu Elvina.

Theresia – Jakarta

Jika dilihat dari data-data kelahiran Anda dan suami, maka Anda bershio Monyet, sedangkan suami bershio Macan. Jadi sebenarnya Anda berdua termasuk dalam kategori pasangan yang tidak cocok. Karena itu, disarankan agar Anda berdua tidak bekerjasama dalam bisnis / usaha. Mengenai usaha rumah makan yang Anda sebutkan, itu bisa saja diwujudkan, tetapi sebaiknya Anda berdiri sendiri. Atau kalau Anda ingin bermitra, maka pilihlah mitra yang memiliki kecocokkan dengan Anda, sekaligus juga memiliki kecocokkan dengan usaha yang akan dijalankan. Mengenai lokasi, saya lihat yang lainnya memang tidak masalah kecuali soal makam itu. Tetapi Anda bisa menggunakan pegangan-pegangan tertentu atau mengikuti ritual buang gangguan sebagai pencegah energi buruk. Tahun depan sebenarnya bukan tahun yang bagus bagi Anda, jadi sebaiknya rencana Anda ditunda hingga tahun depannya lagi ( 2011 ). Sedangkan mengenai letak peralatan, itu bisa dicocokkan kemudian setelah Anda sudah pasti dengan lokasi pilihan tersebut dan sudah pasti pula dengan tema rumah makan yang diinginkan.
2 komentar:

Bu Elvina,saya Cici Lin. Ingin bertanya tentang feng shui untuk kamar tidur. Jika posisi kepala dan kaki tempat tidur persis berhadapan letaknya dengan pintu kamar sehingga posisi tidur pas berhadapan dengan pintu kamar,dan tidak bisa digeser letaknya karena ukuran tempat2 tidur pas dengan ukuran panjang kamar tidur,bagaimana solusi terbaiknya ya? Apakah boleh dipasang kain tirai penutup pas di kaki tempat tidur,sehingga ada penghalang antara tempat tidur dengan pintu kamar? Terima kasih untuk jawabannya ya,Bu..

Jika ukuran kamar tidur Anda tidak memungkinkan untuk memindahkan posisi tempat tidur, saya rasa Anda hanya memiliki dua pilihan. Yaitu pertama, mengganti ruangan kamar tidur Anda dengan ruangan lain yang lebih luas. Kedua, melakukan ritual buang sial/gangguan atau dengan meletakkan benda-benda tertentu demi menolak efek buruk yang mungkin terjadi. Sebenarnya dengan posisi tempat tidur seperti sekarang, tidak berarti nasib Anda akan selalu menjadi buruk, tetapi memang dikuatirkan rejeki akan mudah masuk dan mudah keluar. Jika Anda berminat untuk mengikuti ritual buang sial/gangguan atau tertarik dengan benda-benda pegangan tertentu untuk menangkal gangguan, Anda bisa menghubungi saya atau no 021-8094128 untuk informasi.