Tanya Jawab Hoki
Saya lahir 3 juni 1990. Usaha apa yg cocok buat saya ya? Sampai sekrng saya usaha di bidang makanan.. Tp, ayah saya mau saya kuliah sampai S1 dan kerja jd Pegawai di BUMN seperti ayah saya. Tp, saya ingin dan bercita2 jd Pengusaha. Mohon pencerahannya supaya saya bisa sukses.
Trms

Dwikie – Jakarta

Menurut saya, pendapat Ayah Anda ada benarnya, yaitu untuk menyelesaikan kuliah Anda hingga S1. karena biar bagaimanapun, pendidikan formal adalah penting sebagai bekal perjalanan karier Anda kelak, baik Anda nantinya bekerja atau membuka usaha sendiri. Justru sebagai pengusaha, malah pendidikan formal di bangku kuliah lebih dibutuhkan lagi. Yang saya lihat ,sekarang ini seharusnya Anda jangan memfokuskan diri pada rencana sebagai pengusaha dulu. Tidak apa-apa meneruskan usaha yang sudah Anda jalankan sekarang di bidang makanan, tetapi tidak perlu terlalu berambisi. Selesaikan dulu pendidikan Anda, tetapi tentu saja Anda tidak harus menjadi pegawai BUMN setelahnya kalau memang tidak berminat.

Bpk Teddy Yth,

saya hendra herman saya seorang sarjana ekonomi dan belum menikah, setelah saya selesai kuliah sangat sulit sekali untuk mendapatkan pekerjaan sehingga saya memutuskan untuk berwiraswasta dengan modal yang sangat minim saya memulai usaha yang pada awalnya usaha tersebut maju tetapi cepat sekali mengalami kemunduran bahkan mengalami kebangkrutan jenis usaha saya pengumpul tanaman perkebunan seperti kelapa, biji coklat. sekarang saya sudah tidak memiliki usaha lagi, saya sudah tidak memiliki modal bahkan untuk biaya hidup saya sendiri saja saya tidak mampu hutang dimana-mana selama ini biaya hidup saya di tanggung saudara-saudara saya... apa yang harus saya lakukan pak Teddy... kalau usaha merintis dari bawah saya masih mampu, masih bersemangat..... saya lahir di tanjung karang 5 Juni 1980 berdomisili di Bandar Lampung
semoga Bpk dapat memberikan solusi/bantuan. terima kasih

Hendra – Lampung

Dari yang saya lihat, usaha yang Anda jalankan tersebut sebenarnya memang bukan usaha yang cocok untuk Anda. Tetapi mungkin tanpa sengaja Anda telah memilih waktu yang benar-benar baik saat memulainya, sehingga pada awalnya usaha tersebut tampak lancar dan menjanjikan. Namun tetap saja, karena sebenarnya tidak ada kecocokkan, pada akhirnya usaha tersebut pun semakin menurun. Seharusnya Anda mulai menyadari dan segera berpindah haluan saat usaha tersebut mulai mengalami penurunan. Yang saya lihat, Anda memilih untuk tetap bertahan sampai akhirnya habis-habisan. Sekarang setelah keadaan benar-benar buruk, tentunya dibutuhkan waktu untuk bisa bangkit lagi. Sebenarnya yang harus Anda lakukan sekarang adalah bekerja dulu pada orang lain. Karena tahun ini maupun tahun depan bukanlah tahun yang tepat bagi Anda untuk memulai usaha apapun. Jadi tundalah dulu niat menggebu-gebu Anda untuk segera kembali berwiraswasta, cobalah bekerja. Setelah melewati tahun Macan, baru Anda boleh mencoba memulai usaha lagi. Mengenai jenis usahanya, yang harus Anda hindari adalah MLM, asuransi, jenis-jenis usaha yang mirip seperti itu dan juga usaha yang sudah pernah Anda lakukan sebelumnya yaitu sebagai pengumpul tanaman perkebunan. Selain usaha-usaha tersebut, Anda bebas memulai usaha apapun kelak.


Pak Teddy yth. Saya lahir tanggal 21 Desember 1969. Beberapa waktu lalu saya mencoba bisnis dibidang penjualan makanan, tapi mandeg karena sepi pembeli. Saya ingin mencoba lagi bidang lain yaitu pakaian bayi & anak. Apakah usaha ini kira2 cocok untuk saya? Atau bidang2 apa saja yang bisa bapak sarankan? Terima kasih.

Dedes – Jakarta

Dilihat dari data-data kelahiran Anda, maka Anda berada dibawah naungan shio Ayam. Seharusnya, Anda cukup cocok dan bisa menjalankan usaha di bidang makanan. Kalau usaha makanan yang Anda jalankan tersebut ternyata mandeg, mungkin ada penyebab lain, bukan karena ketidakcocokkan Anda dengan usaha bersangkutan. Bisa jadi pemilihan lokasi yang salah atau kurang strategis, tata letak barang-barang dan ruangan, atau ketidakcocokkan dengan mitra ( kalau Anda memiliki mitra usaha ), dll. Mengenai bidang usaha pakaian bayi dan anak, ini auranya biasa-biasa saja untuk Anda. Artinya, bukan bidang yang terbaik bagi Anda tetapi juga tidak buruk. Jadi kalau Anda tetap berniat melaksanakannya, bisa saja, namun pilihlah lokasi yang cocok dan mulailah pada waktu yang tepat, agar segalanya kelak berjalan lancar. Menurut saya, kedua bidang yang Anda sebutkan, ( makanan dan pakaian ) sebenarnya sudah merupakan bidang yang cukup cocok dengan Anda.


Bpk Teddy yth
Mau nanya nih nama sy Nurlia kelahiran 06 juni 1984 dan saya mengontrak rumah dengan kakak sepupu saya kelahiran 30 maret 1980. saya merasa tidak cocok setiap mau join dalam usaha / berbisnis. Bpk Teddy kira kira usaha apa yg cocok untuk saya dan kakak saya.mengingat modal yang kamì punya hanya pas pasan. Dan kira2 jika kami berbisnis tanpa join usaha apa saja yang cocok untuk saya dan kakak saya. Makasih atas bantuannya.

Nurlia – Bandung

Jika dilihat dari data-data kelahiran Anda, maka Anda berada dibawah naungan shio Tikus, sedangkan kakak sepupu Anda adalah bershio Monyet. Perpaduan antara shio Tikus dengan shio Monyet adalah cocok dan bagus adanya, baik dalam hal pertemanan maupun bisnis. Jadi yang Anda maksud tidak cocok, mungkin dari segi usahanya yang belum menemukan celah yang tepat. Sebenarnya, usaha di bidang pendidikan atau hiburan bisa Anda berdua jalankan sebagai rekan kerjasama. Jika Anda bertanya usaha apa yang bagus untuk dijalankan sendiri-sendiri, saya rasa sebaiknya Anda berdua tetap bekerjasama. Karena saya lihat dari segi aura, baik Anda maupun kakak sepupu Anda akan bagus dan cocok jika saling bekerjasama ketimbang berdiri sendiri-sendiri.
0 komentar: