Pertanyaan Untuk Fengshui
(1) Bu Elvina yth,

Dalam feng shui ada dikenal konsep chi, yakni energi yang terdapat di sekitar tubuh manusia yang berasal dari bermacam-macam hal, semisal lingkungan tempat tinggal, lingkungan semesta, demikian pula sebaliknya. Yang ingin saya tanyakan, saya ini ingin memaksimalkan chi saya agar bisa mempengaruhi anak buah saya di usaha yang saya jalankan. Belakangan ini saya merasakan motivasi mereka rendah dan saya jadi mudah marah. Ada saran dari Bu Elvina?

Dodo, Surabaya


Chi dalam fengshui digambarkan sebagai sesuatu yang ‘mengalir bagai air dan bertiup bagai angin.’ Chi tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan kehadirannya. Manusia tidak dapat menjabarkan chi dengan panca inderanya atau bahkan indera keenamnya, sehingga chi seringkali dianggap sebagai indera ketujuh manusia yang disebut intuisi. Pada dasarnya, teori mengenai chi dalam dunia usaha sederhana saja. Yaitu chi tidak boleh terlalu sedikit jumlahnya, karena akan mengakibatkan para pekerja menjadi tidak bersemangat dan macet kreatifitas. Sebaliknya juga tidak boleh mengalir terlalu deras karena akan mengakibatkan ketidaknyamanan, kemarahan dan perselisihan. Cara agar chi tidak terbuang sehingga menjadi sedikit adalah dengan tidak menempatkan jendela berhadapan dengan pintu. Sebab posisi seperti ini artinya membiarkan chi yang masuk lewat pintu langsung keluar lagi lewat jendela. Sedangkan cara agar chi tidak mengalir terlalu deras adalah dengan menghindari penataan ruangan yang lurus dan sempit. Contoh ruangan dengan chi yang bagus adalah seperti pada lobby hotel-hotel berbintang, karena berkesan lebar dan luas sehingga chi bisa bergerak dengan baik.


(2) Toko furniture saya berada di lantai bawah ruko, sedangkan tempat saya tinggal adalah lantai dua ruko tersebut. Saya ingin membuat taman di bagian depan lantai dua ruko tersebut, dengan harapan menambah unsur kenyamanan bagi tempat kami tinggal. Apakah ada pengaruhnya bagi toko furnitur kami?

Ita, Cirebon


Tidak perlu kuatir untuk meneruskan rencana Anda, karena tempat tinggal yang nyaman akan membuat batin menjadi nyaman juga sehingga rejeki pun mengalir lebih lancar. Yang harus diperhatikan hanyalah, jangan sampai taman di lantai dua tersebut terlihat kusut dan tidak terawat serta mengotori bagian bawah ruko.


(3) Bu Elvina yang baik,

Saat ini saya sedang mendisain ruang kerja di bagian administrasi perusahaan kami. Dahulu antara satu ruang dan ruang lain dipisahkan oleh sekat-sekat berdinding kaca. Sekarang saya ingin menghilangkan sekat-sekat tersebut dengan harapan memperlancar sirkulasi udara dan energi positif di ruangan tersebut. Apakah ini cocok menurut prinsip feng shui? Sebagian besar karyawan masih menginginkan adanya sekat-sekat tersebut untuk privacy, katanya.

Nama dan alamat ada pada redaksi


Sekat-sekat berdinding kaca bisa saja dibuat tidak sampai mencapai langit-langit tingginya sehingga sirkulasi udara dan energi positif masih bisa bergerak dengan baik. Bagaimanapun, Anda tetap harus memperhitungkan juga keberatan para karyawan mengenai privacy. Menurut saya, tidak apa-apa mempertahankan adanya sekat-sekat berdinding kaca, asalkan dibuat tidak terlalu tinggi atau seperlunya saja.
0 komentar: