Pertanyaan Untuk Hoki
(1) Saya lahir 24 Maret 1985. Apakah shio saya? Ada yang mengatakan shio saya kerbau kayu tetapi ada juga yang mengatakan kerbau logam. Mohon penjelasan. Apakah saya cocok menjalankan usaha tanaman hias dan peternakan ikan?

Amir, Jakarta


Jika dilihat dari data-data kelahiran Anda, maka sudah jelas bahwa Anda bershio Kerbau. Mengenai unsur shio Anda, bisa dikatakan bahwa kedua-duanya adalah benar. Mengapa ? sebab sebenarnya, ada dua sistem yang digunakan untuk menentukan unsur shio seseorang, yaitu sistem perhitungan langit atau nirwana dan sistem perhitungan bumi. Menurut sistem perhitungan langit atau nirwana, Anda adalah Kerbau Kayu. Sedangkan menurut sistem perhitungan bumi, Anda adalah Kerbau Logam. Namun untuk memudahkan, biasanya hanya satu sistem perhitungan saja yang dipakai. Dan yang biasa dipakai di Indonesia adalah sistem perhitungan langit atau nirwana. Oleh karena itu, maka anggap saja bahwa Anda adalah Kerbau Kayu, karena segala pedoman ramalan dll di negara ini umumnya sudah disesuaikan dengan sistem perhitungan nirwana. Mengenai usaha tanaman hias dan peternakan ikan, saya rasa Anda tidak bisa dikatakan cocok sekali tetapi juga tidak bertentangan. Artinya, Anda boleh menjalankannya karena tetap dapat memberi hasil, meski bukan bidang yang paling tepat untuk Anda.



Dalam siklus waktu satu bulanan, apakah ada hari-hari chiong bagi usaha untuk shio tertentu? Saya memiliki usaha bengkel. Saya merasakan pada minggu kedua setiap bulan terasa berat dan omzet agak seret. Apakah ini bisa disebut ciong? Bagaimana cara mengatasinya? Saya lahir 28 November 1983.

T, nama dan alamat lengkap ada pada redaksi.


Kalau mau diteliti secara mendetail, tentunya memang ada hari-hari ciong dalam siklus satu bulanan bagi setiap shio. Tetapi perhitungan yang benar-benar tepat membutuhkan data-data yang rinci pula, misalnya hari, jam dan tanggal kelahiran, nama lengkap orang yang bersangkutan, dll. Jadi bukan hanya berdasarkan shio dan unsurnya saja. Namun kalau Anda memang merasa rejeki agak seret pada minggu kedua tiap bulannya, maka bisa jadi memang saat itu merupakan waktu ciong Anda dalam usaha. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan ritual buang gangguan atau buang sial, atau bisa juga dengan meletakkan benda pegangan tertentu di tempat usaha Anda.



Saya ingin punya usaha sampingan. Saya bekerja di perusahaan telekomunikasi. Saya lahir 11 Februari 1982. Apa yang kira-kira bisa saya geluti yang tidak menggangu pekerjaan saya dan cocok pula dengan shio saya?

Rinto, Jakarta


Dilihat dari data-data kelahiran Anda, maka Anda bershio Ayam dengan unsur Logam. Usaha yang cocok bagi Anda adalah di bidang investasi atau bisnis yang berhubungan dengan unsur Logam, misalnya peralatan elektronik. Mengenai apakah usaha sampingan yang Anda jalankan tidak akan mengganggu pekerjaan inti, tentunya hal tersebut kembali lagi kepada Anda sendiri, apakah siap membagi waktu dan perhatian untuk mengerjakan usaha lain.



Bapak saya lahir 6 Juni 1937. Masih sehat dan sehari-hari masih mengelola usaha kami. Usaha kami adalah manufaktur mesin-mesin serbaguna, antara lain mesin pembuat jus, mesin pembuat es krim dan sejenisnya. Yang mengganjal pikiran saya selama ini adalah anggapan orang yang mengatakan usaha kami ini sudah identik dengan bapak. Sehingga ada yang memperkirakan kalau bapak tidak ada nanti, usaha ini bakal redup. Apakah betul? Saya lahir 27 Juni 1970. Saya ingin meneruskan usaha ini. Apakah saya cocok dengan usaha ini?

W, Jakarta


Dilihat dari data-data kelahirannya, maka Bapak Anda berada dibawah naungan shio Kerbau dengan unsur Api. Sedangkan Anda bershio Anjing dengan unsur Logam. Maka seharusnya, apa yang dulunya menjadi usaha Bapak Anda, tetap cocok jika diteruskan oleh Anda. Tetapi memang aura Bapak Anda sedikit lebih besar pada usaha bersangkutan, sehingga ada kemungkinan kesuksesan yang diraih oleh Bapak Anda lebih maksimal ketimbang Anda. Namun tidak perlu kuatir karena Anda pun tetap memiliki kecocokkan dengan bidang usahanya sehingga tetap dapat menjalankannya dengan baik.
1 komentar:
Anonim

Saya cewek kelahiran 10 Desember 1984 jam 20:00. Kira2 usaha apa yang paling cocok untuk saya karena saya ingin mendalami bidang tersebut. Terimakasih atas nasehatnya.